05 November 2008

MEMBUMIKAN AL QUR'AN


Pengarang : M.Quraishihab
Diterbitkan di: April 02, 2008

Buku hasil karya pakar tafsir dan ilmu-ilmu Al-Quran dalam upaya kerasnya memancarkan kilau cahaya intan dalam kandungan Al-Quran dari sudut-sudut penting yang membahas secara mendalam bagaimana aplikasi ajaran-Nya dalam kehidupan sehari-hari.Ditulis secara jenial,penulis mendemontrasikan keahlianya dalam memahami,serta mencarikan jalan keluar dari problem-problem intelektual dan sosial kemasyarakatan yang bepijak pada aturan main dalam Al-Quran.

Dalam bab-bab nya membahas tentang sejarah tafsir,perkembangan metodologi,pengajaran di perguruan tinggi, pengkomputerisasi, Universalisme Islam, kehidupan menurut Islam, Kematian menurut Islam,Cita-cita keluarga,Kedudukan Perempuan dalam Islam, Islam dalam pembangunan dan Lingkungan,Keragaman dan kerukunan antar umat beragama,Peran dan tanggung jawab Intelektual Muslim dalam perkembangan jaman. Bagaimana Islam menggambarkan kehidupan dan kematian sebagai satu tahapan untuk menuju pada kehidupan yang sebenarnya, mirip telur dan ayam.Kesempurnaan wujud anak ayam adalah menetasnya telur dan keluarlah ayam tadi meninggalkan tempatnya selama didalam telur, Demikian juga Manusia,kesempurnaan hidupnya hanya dapat dicapai melalui perpindahan dari tempat ia hidup di dunia menuju kesempurnaa, kebahagiaan dan keabadian.

Sedangkan bahasan mengenai keluarga, Sabda Nabi Saw, “Empat macam kebahagian akan dinikmati oleh seseorang,yaitu manakala pasanganya baik,anak-anaknya berbakti,lingkungan pergaualanya sehat,dan rezekinya diperoleh di tempat kediamanya.”
Dalam buku ini juga menjelaskan filosofi makna penciptaan manusia,Yaitu bahwa”Sesungguhnya kami telah memuliakan anak-anak Adam.Kami angkut mereka di daratan dan dilautan (untuk memudahkan mencari kehidupan). Kami beri mereka rezeki yang baik-baik dan kami lebih kan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk-makhluk yang Kami ciptakan. Al-Isra’70.
Buku ini bisa dijadikan panduan bagi semua kalangan untuk mempersiapkan diri maupun interospeksi dalam kehidupan keluarga,masyarakat dan negara, dalam kontek panduan Islam. Anda layak menjadikanya panduan sekaligus wawasan yang luas dalam hidup Anda. (Resensi oleh Agust Nasihin)

Download

0 komentar: